Senin, 25 April 2016

SEO Modern dan Long-Form Content


Jaman semakin berkembang dan terus berkembang. Alhasil kita semua bisa merasakan nyamannya penggunaan teknologi yang memberikan banyak manfaat kepada manusia. Berikut ini saya mengulas tentang keberadaan metode SEO yang baru, serta konten yang memiliki kata-kata banyak.


Kebanyakan blogger pemula menginginkan uang dan uang. Yap, sekarang jaman telah berkembang seperti yang saya katakan, dan itu sama dengan makin bertambahnya newbie blogger. But, bertambahnya blogger-blogger baru tersebut malah bisa menambah masalah terhadap dunia cyber.

Hampir dari semua blogger pemula itu akan mencari "How to make money online" atau "How to make money through blogging". Itu hanya akan memberikan hawa nafsu dan khayalan semata bagi mereka jika profesi blogger hanya dipakai sebagai mata pencaharian, bukan untuk menghibur pengunjung.

But that is such of a different topic. SEO Modern kini terus berkembang dan memberikan banyak pengaruh bagi website. Hampir sama halnya dengan SEO yang jaman dulu, SEO modern juga sangat mudah diaplikasikan lho! SEO Modern adalah sebuah metode terobosan dari SEO jaman dulu yang berimbas pada algoritma core Google untuk berada di halaman pertama pencarian Google Search. Apa aja sih contohnya SEO Modern itu?

Good Content

SEO yang sekarang sedang bekerja adalah SEO yang mengandalkan keahlian konten yang bagus. Konten yang berkualitas, dan dapat memberikan pengalaman menarik pada pembaca bisa berefek positif terhadap website atau blog kalian. Jika kalian adalah orang Inggris, maka grammar dan penulisan lafal yang tepat juga bisa menjadi nilai dasar Google Search.

Buatlah artikel dan konten yang bermanfaat bagi banyak pembaca. Seandainya kalian ingin membuat sebuah konten ekspalanasi/penjelasan, kalian harus melakukan riset terlebih dahulu untuk memberikan user experience yang baik sehingga pembaca mendapatkan pengalaman menarik dari website kalian. Semakin banyak orang yang dapat user experience yang baik, maka Google akan memboost peringkat website kalian.

Dont forget SEO On-Page and SEO Off-Page

SEO On-Page adalah SEO yang mengandalkan sistem operasi dari dalam website kalian. Sedangkan Off-Page adalah SEO yang mengandalkan sistem operasi dari luar website kalian.

SEO On-Page juga masih bisa dikategorikan dalam SEO Modern lho guys, karena masih terbilang sering sekali digunakan oleh banyak blogger. Apa aja macam-macam SEO On-Page itu?

Meta Tag Description bisa menjadi andalan kalian. Adalah sebuah fungsi yang memberikan deskripsi pada artikel atau website kalian. Selebihnya Anda bisa membaca artikel berikut *Menambahkan dan Mengoptimalkan Meta Tag Description.*

Selain itu juga ada cara lain, yaitu dengan mempercepat loading pada blog kalian. Benar sekali temen-temen, website atau blog kalian juga membutuhkan loading yang cepat sehingga bisa di index Google dengan praktis dan cepat. Loading blog juga mempengaruhi ranking pada Alexa dan Google Search loh. Salah satu yang utama adalah dengan cara tidak terlalu banyak menggunakan gadget/widget pada blog kalian. Selain itu juga bisa berefek pada gambar yang dicantumkan. Perkecil gambar sesuai dengan kebutuhan agar loading juga bisa terasa cepat.

Template SEO yang friendly menjadi alasan terhadap SEO On-Page kalian. Desain pada sebuah website bisa bernilai negatif & positif dihadapan Google Search. Pilihlah template yang mudah dimengerti dan tidak terlalu banyak iklan sehingga Google juga memberikan nilai baik pada blog kalian. Keyword dan judul juga termasuk dalam SEO On-Page ini lho guys, jadi jangan malu-malu untuk memberikan judul yang rinci di sebuah artikel kalian.

Sedangkan SEO Off-Page itu bisa juga dilakukan melalui backlink. Backlink adalah URL link yang masuk ke sebuah situs web yang ditampilkan oleh website lain. Jadi dengan kata lain backlink itu digunakan sebagai promosi di sosial media. Backlink ini biasa dijumpai pada grup Blogger Indonesia di Facebook. Banyak banget yang nawarin backlink atau blogwalking ini guys. Jadi semacam saling mengunjungi website satu sama lain git lho.

Buatlah popularitas sosial

Ini ada kaitannya dengan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ada seseorang yang meneliti bahwa jika kalian mempunyai 1000 followers di Twitter, itu akan membantu blog kalian dibandingkan jika tidak mempunyai akun Twitter.

Jika kalian mempunyai fanpage di Facebook atau akun Twitter, maka kalian bisa pasang widget tersebut pada blog kalian sehingga pengunjung dapat mengetahui identitas kalian. Untuk meningkatkan popularitas di internet ini membutuhkan banyak kerja keras, salah satunya adalah dengan membuat konten berkualitas.

Dari rangkaian paragraf diatas, dapat diketahui bahwa SEO Modern itu membutuhkan kualitas konten yang baik dan bisa memberikan pengalaman yang baik pula terhadap pembaca. Jangan lupa untuk terus berkarya membuat konten yang baik ya!

*Kutipan diatas diperoleh dari website Entrepreneur.com.*

Nah, sekarang kita akan membahas tentang Long-Form Content


Apa itu Long-Form Content? Kalo diterjemahin, Long itu artinya panjang. Form artinya bentuk, dan content artinya adalah content. Kalo dikira-kira, Long-Form Content adalah sebuah konten tulis dengan bentuk yang panjang.

Long-Form Content itu minimal terdapat 1500-2000 kata per artikel. Long-Form Content ini juga punya kaitannya dengan si Search Engine Optimization. Kalian harus bisa belajar untuk membuat konten berkualitas dengan banyak kata. Teruslah menggali ilmu tentang konten kreatif, dan konten yang baik itu seperti apa. Agar lebih bersemangat, kalian harus membuat  prioritas dan berinteraksi kepada pengunjung.

Long-Form Content itu sangat bagus karena lebih banyak dicari oleh pengunjung karena sifatnya yang memiliki banyak kata/panjang, informasi yang lebih lengkap dan detail, serta banyak dilihat oleh browser. Bayangkan saja, orang yang terus menulis artikel sesuai dengan apa yang ada dipikirannya, itu lebih dilihat oleh Google dibandingkan pengarang yang menulis artikel dengan memperhatikan keyword.

Yang saya maksud adalah terus menulis konten yang bagus sesuai dengan riset dan keadaan, sehingga hasilnya juga akan baik. Tanamkanlah keyword, tapi jangan disemua kalimat kalian menambahkan kata kunci.

Menurut proposal seorang blogger profesional, Rand Fishikin, ia mengatakan bahwa :
  • Long-Form Content menyediakan informasi dengan menjawab pertanyaan pegunjung.
  • Membantu mereka menyelesaikan tujuannya. 
  • Memberikan informasi yang benar dan pengalaman yang baik kepada pengunjung dengan cepat.
Jadi menurut saya (mengenai) Long-Form Content, ini adalah sebuah metode yang bagus karena dapat mengasah kemampuan menulis panjang serta melatih untuk tetap mempertahankan gagasan pokok dari sebuah artikel agar enak dibaca oleh pengunjung, sehingga pengunjung dapat berlama-lama di blog kalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar