Minggu, 24 April 2016

Sosial Media Marketing


Tahun 2016 lagi banyaknya orang-orang jualan. Mulai dari yang jadi reseller, ataupun jualan sendiri lewat online guys! Dan hal ini lagi branding di dunia lapak online! But first of all, apaan sih Sosial Media Marketing itu?


Nah, untuk artikel kali ini, kita akan membahas sebuah hal yang lagi top di kalangan pemasaran. Yep, hal tersebut adalah Sosial Media Marketing.

Sosial Media Marketing juga adalah sebuah cara untuk mendapatkan banyak keuntungan atau komisi melalui promosi di sosial media seperti Facebook, Twitter, Snapchat, ataupun LINE. Karena internet dan lapak online itu bikin banyak keuntungan, maka sosial media marketing ini patut digunakan oleh banyak pelapak.

Melalui langkah SMM ini, kita tidak perlu repot-repot untuk mencari sebuah pelanggan. Justru pelanggan yang akan mencari kita. Kalian bisa pilih sosial media manakah yang akan kalian gunakan sebagai lapak promosi.

"Kalo ngeganggu temen-temen di Facebook, gimana?"
Ini adalah pertanyaan yang bagus sekali buat kalian nih temen-temen. Gimana sih cara promosi yang baik tanpa mengganggu teman-teman di sosial media? Misalnya di Facebook, kalian bisa menggunakan timeline atau beranda untuk promosi. Eits, tapi jika mau promosi di timeline jangan terlalu kebanyakan ya, nanti bisa menyebabkan spam abuse.

Postinglah sebuah status dengan gambar produk kalian dengan caption beberapa rincian mengenai produk yang akan kalian jual. Umpama nya kalian akan menjual sebuah sepeda, maka tampilkan foto yang bagus agar teman-teman (calon pembeli) kalian bisa merasa tertarik. Setelah itu kalian harus memberikan rincian tentang kelebihan dan kekurangan dari sepeda tersebut, apakah masih ada yang rusak, atau berikan presentasi terbaik. Contohnya adalah sepeda kurang lebih dalam kondisi 85%.

Nah di Facebook juga kalian bisa gabung sebuah komunitas atau grup yang berkaitan juga dengan jual beli. Pastikan kalian harus bergabung dengan grup yang memiliki anggota banyak, sehingga tingkat kemungkinan transaksi akan lebih besar.

Setelah itu juga ada Blackberry Messenger (BBM). Dan fitur yang paling sering digunakan dalam BBM ini adalah broadcast. Promosikanlah barang kalian di BBM ini dengan memberikan rincian produk seperti apa yang saya tulis sebelumnya. Google+, Twitter, serta Instagram juga adalah beberapa contoh lain yang bisa digunakan sebagai media promosi produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar